Mengapa Tidak Ada Internet Padahal Jaringan WiFi Sudah Terhubung?

Gagauzia24.com – Jaringan WiFi adalah metode yang umum digunakan untuk menyediakan akses Internet di berbagai lokasi, termasuk rumah, restoran, kafe, dan tempat umum.

Dengan menjamurnya jaringan Wi-Fi, Anda dapat menikmati akses internet untuk bekerja, belajar, dan hiburan. Namun bagaimana jika ternyata Wi-Fi yang terhubung ke perangkat tidak memiliki akses internet sama sekali?

Anda dapat melihat dengan jelas bahwa indikator sinyal Wi-Fi penuh karena tidak ada akses internet di Wi-Fi, tetapi Anda akan bingung dan bertanya-tanya mengapa hal ini terjadi. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengetahui beberapa masalah paling umum ketika Wi-Fi terhubung tetapi tidak ada koneksi internet yang disediakan.

Alasan Mengapa Tidak Ada Internet Padahal Terhubung ke WiFi

Modem, Router, dan MiFi Terlalu Lama Aktif

Untuk menikmati Wi-Fi sepanjang waktu, perangkat seperti modem, router, dan MiFi biasanya harus berjalan 24 jam sehari, tanpa henti. Tentu saja, Anda mungkin mengalami masalah karena Anda menggunakannya untuk waktu yang lama tanpa istirahat.

Salah satunya menyebabkan terputusnya koneksi internet meskipun indikator sinyal wifi terlihat penuh. Anda dapat memulai ulang modem, router, atau MiFi pribadi agar sistem Anda kembali ke jalurnya. Namun, jika Anda tidak memiliki akses ke perangkat Anda, Anda dapat menghubungi administrator Anda dan reboot.

Gangguan Jaringan

Sebagaimana diketahui bahwa operator dan penyedia layanan Internet mungkin tidak dapat dipisahkan dari gangguan pada waktu-waktu tertentu. Ini membuat jaringan Wi-Fi yang terhubung ke perangkat tidak dapat diakses ke Internet karena gangguan dari sumbernya.

Oleh karena itu, silakan hubungi ISP Anda untuk mengetahui apakah ada masalah.

Kecepatan Internet Lambat

Ketika banyak orang menggunakan Internet di jaringan WiFi mereka, ini secara alami memengaruhi kualitas koneksi Internet mereka. Bahkan jika ponsel atau komputer Anda terhubung ke jaringan WiFi, sulit untuk mengakses internet karena kecepatan internet sangat lambat.

Oleh karena itu, cari jaringan Wi-Fi lain atau batasi jumlah perangkat yang dapat Anda sambungkan. Namun, jika Anda memiliki kartu operator dengan kecepatan internet yang baik, Anda dapat mencoba tethering dari ponsel Anda untuk mengakses internet.

Jaringan WiFi Hanya Khusus Untuk Perangkat Tertentu

Kantor, kampus, rumah sakit, dan lokasi lainnya sering kali memiliki jaringan Wi-Fi khusus yang dirancang oleh administrator untuk digunakan hanya oleh perangkat tertentu.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kualitas sambungan yang disediakan tetap terjaga. Oleh karena itu, perangkat dapat terhubung ke jaringan WiFi, tetapi tidak ada dalam daftar dan perangkat tidak dapat mengakses internet.

Perangkat yang Terhubung Bermasalah

Dalam beberapa kasus, mungkin ada masalah dengan perangkat Anda. Oleh karena itu, Anda dapat mem-boot ulang perangkat untuk memastikannya berfungsi dan perangkat lain dapat terhubung.

Jika masih tidak berfungsi, Anda mungkin memiliki masalah dengan perangkat Anda yang tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda. Untuk menentukan apakah masalahnya ada pada sistem atau komponen, lakukan reset pabrik untuk memulihkan sistem ke kondisi semula.

Ingatlah bahwa reset pabrik akan menghapus data yang tersimpan di perangkat Anda, jadi Anda harus membuat cadangan terlebih dahulu untuk menghindari penghapusan data penting. Jika hasilnya tetap tidak nyambung, sebaiknya hubungi service center atau teknisi Anda untuk mengetahui apa yang salah.