FItur Baru Android “App Archive”, Hemat Memori Hingga 60%!

Google memperkenalkan fitur App Archive terbaru, yang mana dapat mengarsipkan paket aplikasi yang terpasang di perangkat untuk menghemat penggunaan memori internal. Dengan fitur ini, diharapkan pengguna dapat memiliki lebih banyak ruang penyimpanpan, apalagi di perangkat yang memiliki penyimpanan rendah seperti 16 GB dan 32 GB.

Meski dapat menghemat ruang, Arsip Aplikasi tidak akan menghapus data-data pribadi pengguna. Fitur ini akan diterapkan pada versi terbaru mereka, yaitu Android 13 di akhir tahun 2022 ini. Jadwal peluncuran Android 13 sendiri diperkirakan mulai diumumkan pada blan September tahun ini.

Fitur baru Android: Arsip Aplikasi

Arsip Aplikasi

Seiring perkembangan perangkat lunak Android, Google terus mengembangkan sistem operasi kebanggan mereka agar dapat memiliki kinerja yang lebih baik bagi pengguna. Dengan ini juga, ukuran aplikasi dan game semakin membesar dalam waktu yang cepat.

Mungkin ini bukan masalah bagi pengguna perangkat dengan penyimpanan besar seperti 128 GB dan 256 GB ke atas. Namun ini sangat mungkin menjadi masalah untuk smartphone dan tablet yang memiliki memori internal yang kecil seperti 16 GB, dan 32 GB. Ditambah lagi tidak memiliki opsi menambah penyimpanan dengan slot kartu MicroSD.

Melihat isu ini, sepertinya Google telah sibuk mengimplementasikan solusi baru untuk sistem operasi mereka ini. Melalui blog resminya, google mengungkap bahwa mereka chineseg mengembangkan fitur baru untuk Android yang akan memungkinkan pengguna untuk “mengarsipkan” aplikasi. Dengan ini, perangkat dapat mengosongkan ruang penyimpanan untuk diisi file lainnya.

Google menjelaskan bahwa aplikasi yang dapat “diarsipkan” akan menghapus sebagian aplikasi hingga 60 persen tanpa perlu menghapus data pribadi pengguna. ” Kata Lidia Gaymond dan Vicki Amin, manajer produk Google.

Arsip Aplikasi

Pengguna dapat menemukan berbagai macam data yang disimpan dalam aplikasi. Seperti username, password, catatan, media, dan riwayat transaksi. Berkat fitur ini, pengguna Android – khususnya dengan penyimpanan rendah. Tidak perlu menghapus aplikasi secara berkala untuk mengosongkan penyimpanan.

Mereka tidak perlu lagi memperluas ruang penyimpanan ponsel mereka dengan kartu MicroSD. Kini Google mulai membuat fitur App Archive tersedia untuk semua developer yang menggunakan App Bundle. Namun belum ada detailtentang bagaimana fitur App Archive ini akan diimplementasikan di Android. Memperoleh opsi arsip ini akan ditampilkan di laman pengaturan aplikasi.

Fitur dan Tanggal Rilis

APK yang diarsipkan merupakan pengembangan dari fitur sebelumnya, yaitu App Bundle. fitur ini awalnya untuk mengurangi ukuran aplikasi yang terpasang pada perangkat. Namun perbedaannya dengan APK biasa di Android adalah App Bundle tidak berisi resource file yang tidak relevan. Sehingga membuat bobot aplikasi lebih ringan dan dapat menghemat ruang penyimpanan untuk aplikasi dan game lain.

Arsip Aplikasi

Fitur ini membuat format APK baru bernama Archived APK. Google mencatat bahwa Archived APK memiliki ukuran penyimpanan yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan APK biasa. Selain itu, paket file ini juga akan menyimpan semua data pengguna hingga diulihkan sendiri oleh pengguna. Setelah aplikasi diulihkan, ukuran aplikasi akan kembali seperti semula. Fitur ini akan tersedia untuk developer di Bundletool versi 1.10. Namun Bundletool ini tidak digunakan untuk Google meluncurkannya ke publik pada “akhir tahun ini”.

Arsip Aplikasi

Meski terlihat tidak begitu membeberkan, kemampuan untuk mengarsipkan APK bermanfaat untuk aplikasi besar namun jarang digunakan. Penerapannya dapat mengubah skenario lepas pasang aplikasi yang perlu melakukan unduhan ulang seluruh aplikasi menjadi hanya miliknya saja. Penggunaan jaringan (WiFi atau data seluler) tentunya akan jauh berkurang dibandingkan metodebiasanya.

Bakajuga: