Chipset Snapdragon 8 Gen 1+ Diduga Akan Diumumkan Bulan Mei

Perusahaan teknologi raksasa, Qualcomm, baru saja dikabarkan akan segera mengumumkan chipset terbarunya yang bernama Snapdragon 8 Gen 1+. Dilihat dari namanya, kami dapat menyimpulkan bahwa ini akan menjadi generasi penerus atau versi yang lebih kuat dari Snapdragon 8 Gen 1 yang telah dirilis sebelumnya.

Bocoran mengatakan bahwa Qualcomm diduga akan segera mengumumkan chipset baru ini pada bulan Mei 2022. Lantas seperti apa performa yang dibawakannya?

Snapdragon 8 Gen 1+

Snapdragon 8 Gen 1+
(Qualcomm)

Sejak chipset Snapdragon 8 Gen 1 diumumkan, banyak beredar rumor tentang versi “+” yang akan datang. Kabarnya, ini akan dibuat menggunakan node 4nm TSMC, bukan milik Samsung. Namun, spesifikasi tersebut dikabarkan akan membuat kurang Rentan terhadap panas berlebih dan justru menurunkan kinerjanya dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1 biasa.

Kini, bocoran baru mengatakan bahwa SoC baru untuk Snapdragon 8 Gen 1+ akan dibuat resmi di beberapa negara di bulan Mei. Jika kabar ini benar-benar ada, maka kemungkinan besar kami akan melihat berbagai ponsel Snapdragon 8 Gen 1+ pertama akan diluncurkan sebelum akhir Mei dan tersedia pada blan Juni. Daftar pelanggan fase pertama termasuk Lenovo, Motorola, OnePlus, hingga Xiaomi.

Sebelumnya, nomor model Snapdragon 8 Gen 1 adalah SM8450, dan kini chipset Snapdragon 8 Gen 1+ akan diidentifikasi sebagai SM8475. Hal ini menandakan bahwa Qualcomm Pasti mengharapkan untuk menjadi peningkatan yang nyata dibandingkan dengan chip Snapdragon 8 Gen 1 biasa.

Tak hanya itu saja, chip Snapdragon 7 series baru juga dikabarkan akan debut pada waktu yang hampir bersamaan. Sama seperti peluncuran Snapdragon 8 Gen 1 sebelumnya, chip Snapdragon 7 series ini juga telah hadir di pemasok smartphone untuk pengujian dan persiapan peluncuran produk.

Hingga kini, chip smartphone besutan Qualcomm dipercaya sebagai chip terkuat dibandingkan mediatek atau yang lainnya. Adapun untuk chip Snapdragon 8 Gen 1 juga dianggap sebagai chip terkuat dijajaran smartphone android. Ini bahkan kerap digunakan untuk jajaran smartphone kelas atas.

Dengan adanya Snapdragon 8 Gen 1+, kami berharap Qualcomm dapat meningkatkan performa yang maksimal untuk jajaran smartphone yang menyematkannya.

Bakajuga: