9 komponen komputer dasar dan metode peningkatannya pada tahun 2022

Apa saja komponen dasar komputer?

PC terdiri dari beberapa komponen terpisah yang dirancang untuk bekerja sama. Untuk komputer desktop, komponen ini dapat dengan mudah diganti, tetapi lebih sedikit pada komputer laptop. Ini karena ukuran laptop, kebutuhan daya dan pendinginan, dan kurangnya standarisasi.

Untungnya, ini bukan masalah untuk PC desktop. Komputer desktop dirancang untuk bertahan lebih lama dan dapat disesuaikan dan ditingkatkan dengan mengganti beberapa atau semua komponen. Tapi apa yang disebut komponen ini?

Komponen dasar komputer

1. Papan Utama

papan utama

Motherboard atau yang biasa dikenal dengan motherboard adalah tempat semua komponen terhubung. Di dalamnya terdapat slot untuk CPU, RAM, perangkat penyimpanan, GPU dan kartu suara. Jika Anda seorang pemula, kami tidak menyarankan Anda meng-upgrade motherboard sendiri. Ini tidak hanya harus sepenuhnya kompatibel dengan komponen lain, tetapi juga harus sepenuhnya kompatibel dengan casing PC. Namun, komponen lain yang dibahas di sini mengharuskan Anda mencabut kabel dari motherboard.

2. Memori Akses Acak (RAM)

Memori Akses Acak (RAM)

RAM adalah memori sementara atau jangka pendek dan terkait dengan kinerja dan kecepatan sistem secara keseluruhan. Modul RAM terdiri dari batang panjang yang dapat langsung dimasukkan ke motherboard. Manual komputer atau manual motherboard Anda akan memberi tahu Anda berapa jumlah maksimum RAM yang didukung sistem.

Peningkatan RAM tergantung pada berapa banyak slot yang Anda miliki dan ukuran maksimum yang didukung oleh masing-masing slot. Beberapa komputer mengharuskan Anda memiliki jumlah RAM yang sama di setiap slot. Periksa PC secara manual untuk mengonfirmasi hal ini.

Mengganti memori sangat sederhana, cukup lepaskan kait di salah satu ujung soket, lalu cabut memori. Karena celah tersebut, modul pengganti hanya dapat dipasang satu arah. Sejajarkan modul baru melalui takik dan tekan dengan kuat ke dalam slot hingga kait terkunci pada tempatnya. Periksa apakah sudah benar dan aman.

3. Unit Pemrosesan Pusat (CPU)

Unit Pemrosesan Pusat (CPU)

Jika komputer adalah manusia, maka CPU adalah otaknya. Ini adalah bagian terpenting dari komputer. Proses CPU menghitung data dan mengontrol sebagian besar komponen lainnya. CPU terletak di slot khusus pada motherboard. Penting untuk diketahui bahwa soket ini terkadang khusus untuk generasi CPU tertentu. Mereka juga khusus untuk pabrikan CPU (AMD atau Intel).

Setelah dipasang ke motherboard, CPU akan didinginkan oleh radiator, biasanya radiator dan kipas. Namun, ada solusi pendinginan PC lain yang tersedia. Seperti halnya motherboard, jika Anda seorang pemula, jangan menginstal CPU Anda sendiri. Dalam kebanyakan kasus, upgrade CPU Anda memerlukan motherboard baru, serta heat sink dan mungkin komponen lainnya.

4. Unit Catu Daya (PSU)

Unit Catu Daya (PSU)

Memberi daya pada PC adalah tugas PSU, yang biasanya terletak di bagian belakang casing PC. Memeriksa bagian belakang komputer akan menunjukkan di mana kabel daya dicolokkan. Selain saklar daya di bagian depan komputer, biasanya terdapat saklar pada PSU ini.

PSU memasok daya ke motherboard dan CPU melalui kabel khusus. Kabel daya SATA menyediakan daya ke semua perangkat lain di komputer. Peringkat PSU didasarkan pada daya yang mereka berikan (misalnya 600 watt). Penting untuk memberi daya pada komputer Anda dengan benar. Jika tidak, komponen tidak akan berfungsi dengan baik dan sistem akan langsung gagal.

Untuk mengupgrade PSU anda, silahkan pelajari terlebih dahulu spesifikasi graphics card dan CPU. Anda juga perlu memastikan Anda mendapatkan konektor yang benar untuk sistem Anda. Untuk mengganti PSU, Anda harus memastikan bahwa semua kabel internal terputus. Kemudian lepaskan sekrup yang menahannya ke casing PC.

5. Perangkat penyimpanan tetap (hard disk atau SSD)

Perangkat penyimpanan tetap (hard disk atau SSD)

Data disimpan pada perangkat penyimpanan di PC Anda. Hard disk drive (HDD) telah digunakan untuk tujuan ini selama beberapa dekade, tetapi PC menjadi tergantung pada perangkat lain. Menciptakan perangkat baru, penyimpanan solid state (SSD), yang merupakan perangkat 2,5 inci yang terlihat seperti HDD tetapi jauh lebih cepat.

HDD dan SSD terletak di bagian depan casing PC dan terhubung ke motherboard melalui kabel SATA. Drive memerlukan dua kabel: satu untuk daya dan satu untuk data. Disk drive yang lebih lama mengandalkan kabel pita yang lebih lebar, yang disebut PATA, dengan konektor IDE untuk data. Mereka didukung oleh colokan Molex.

Jika HDD atau SSD rusak, atau Anda berencana untuk meningkatkan ke perangkat penyimpanan berkapasitas lebih besar, mereka dapat dengan mudah diganti. Sebelum mencabut perangkat dan melepas sekrup/klip pengaman, lakukan tindakan pencegahan cadangan yang diperlukan. Kemudian Anda dapat mengganti SSD atau HDD.

6. Penyimpanan yang dapat dilepas: DVD-ROM atau Blu-ray

DVD-ROM atau Blu-ray penyimpanan yang dapat dilepas

Kurang umum pada laptop, desktop tampaknya masih dilengkapi dengan drive optik. Ini disebut penyimpanan yang dapat dilepas atau penyimpanan yang dapat dilepas, biasanya drive DVD-ROM atau Blu-ray, dengan fungsi baca dan tulis. Meng-upgrade drive optik itu mudah. Cabut, buka atau buka kunci drive dari tempatnya dan dorong bagian depan sasis. Stik memori USB atau kartu SD, keduanya didasarkan pada memori flash, yang merupakan penyimpanan yang dapat dilepas.

7. Kipas pendingin

kipas pendingin

Bagian dari PC yang sering diabaikan adalah kipas pendingin. Setidaknya dua yang dibutuhkan: satu untuk CPU dan satu untuk perumahan. Tujuan dari kipas CPU adalah untuk menjaga agar CPU tetap dingin. Karena panas di dalam komputer, kipas motherboard menarik udara dingin, dan kipas tambahan menarik udara panas.

Dalam kebanyakan kasus, harus ada satu kipas di bagian belakang kasing dan satu lagi di samping atau depan. Banyak casing memiliki kipas built-in, tetapi ini biasanya low-end. Kipas canggih dapat dipasang untuk menggantikan atau melengkapi solusi pendinginan yang ada. Kipas pendingin biasanya ditenagai oleh kabel dari PSU dan dipasang pada sasis dengan sekrup. Banyak juga yang menambahkan LED built-in untuk membersihkan casing PC.

8. Kartu grafis (GPU)

Kartu grafis (GPU)

Biasanya disebut kartu grafis atau VGA (Video Graphics Array). GPU adalah perangkat yang menghubungkan komputer ke monitor. PC lama menggunakan port VGA, sedangkan komputer saat ini menggunakan HDMI untuk menyambungkan ke layar definisi tinggi. Dalam kebanyakan kasus, port output video terhubung ke kartu grafis terintegrasi pada motherboard. Namun, ini tidak selalu terjadi.

Game modern membutuhkan kartu grafis yang lebih baik. Oleh karena itu, para gamer, editor video, desainer grafis, dan pakar lainnya menggunakan kartu grafis khusus. Slot GPU menjadi PCI-Express khusus ( PCIe ) Sebuah slot yang terletak di motherboard PC. Ini akan mencakup GPU motherboard.

Kartu grafis rentan terhadap masalah kompatibilitas, seperti spesifikasi ukuran, lokasi slot, jenis motherboard, kecepatan prosesor, dan asupan daya. Namun, peningkatannya sangat sederhana, seperti melepas sekrup dan klip pengencang, mencabut GPU, dan memasang pengganti pada tempatnya.

9. Kartu Suara

Kartu suara

Di bagian belakang PC, Anda biasanya akan menemukan tiga hingga lima port melingkar kecil. Ini biasanya berwarna. Dalam beberapa kasus, Anda juga dapat menemukannya di bagian depan PC.

Ini adalah port audio yang terhubung ke kartu suara komputer. Seperti kartu video, kartu suara biasanya terintegrasi ke dalam motherboard. Namun, untuk penggunaan profesional, seperti pengembangan game dan audio atau tujuan perekaman, kartu suara khusus dapat digunakan.

Kartu suara menyediakan berbagai peningkatan audio, seperti pemrosesan audio tingkat lanjut dan Dolby Surround 7.1. Seperti halnya GPU, kartu suara dimasukkan ke dalam slot PCIe pada motherboard (tetapi slot yang berbeda dari GPU). Kartu suara baru memiliki masalah kompatibilitas minimal.

Baca selengkapnya:

Kesimpulannya:

Sekarang, Anda harus mengetahui nama-nama berbagai komponen PC di komputer Anda. Anda juga harus dapat mengidentifikasinya dan memahami cara menggantinya. Sekarang Anda sedang belajar bagaimana memperbaiki komputer Anda dan menghemat uang. Mungkin Anda bisa merakit komputer Anda sendiri di masa depan.

Jangan lupa bookmark dan kunjungi setiap hari Jaringan Informasi Teknologi Karena Anda dapat menemukan ulasan panduan pengoperasian game Android Tech Computer terbaru di sini, kami akan memperbaruinya setiap hari.