9 alasan umum yang menyebabkan Windows mogok Penjelasan lengkap 2022

9 alasan umum yang menyebabkan Windows mogok Penjelasan lengkap 2022 – Apakah itu layar biru kematian atau penguncian sistem yang lengkap, Windows sering crash, yang benar-benar mengganggu kami.

Penjelasan lengkap tentang 9 penyebab umum Windows mogok
Penjelasan lengkap tentang 9 penyebab umum Windows mogok

Mengapa Windows crash? 9 Alasan Umum Penyebab Windows Crash, Penjelasan Lengkap 2022

Saat terjadi crash, Anda mungkin ingin mengetahui cara mencegah masalah ini di masa mendatang. Mari kita lihat penyebab paling umum dari Windows crash dan apa yang harus dilakukan ketika Windows terus crash.

Baca selengkapnya:

1. Masalah memori

Karena komputer Anda menyimpan data penting dalam RAM, masalah memori Anda dapat menyebabkan Windows mogok.Kesalahan seperti ini Kesalahan pengecualian fatal Biasanya terjadi ketika Windows mencoba mengambil data dari memori tetapi tidak dapat menjalankannya dengan benar. Jika ini terjadi terus menerus, RAM Anda mungkin tidak berfungsi.

Anda dapat menggunakan alat gratis seperti Tes memori 86 Lihat apakah ada masalah dengan memori Anda. Anda juga perlu memastikan bahwa stik RAM Anda ditempatkan dengan benar di slotnya. RAM yang tidak mencukupi dapat menyebabkan sistem Anda crash, dan biasanya tidak menyebabkan Windows crash.

Namun, jika Anda berpikir bahwa RAM bukanlah penyebabnya, terkadang masalah motherboard dapat menyebabkan situasi serupa.

2. Masalah drive

Driver adalah perangkat lunak khusus yang memungkinkan Windows untuk berinteraksi dengan berbagai perangkat keras yang terhubung ke komputer. Saat Anda menghubungkan perangkat baru atau menjalankan Pembaruan Windows, driver biasanya diinstal dan diperbarui secara otomatis.

Namun, ketika driver gagal, mereka dapat menyebabkan masalah serius. Menginstal driver yang bermasalah secara manual, atau memperbarui ke versi yang salah yang disediakan oleh pabrikan, adalah cara umum untuk menyebabkan hal ini terjadi.

Saat memecahkan masalah kesalahan layar biru, berhati-hatilah untuk memeriksa perangkat keras tertentu, karena ini mungkin penyebabnya.Membongkar juga merupakan ide yang bagus pengaturan perangkat (Tersedia dengan mengklik kanan tombol “Start”) dan periksa simbol peringatan yang menunjukkan konflik perangkat keras.

3. Kegagalan hard disk

Jika drive penyimpanan di komputer Anda rusak, Anda mungkin mengalami crash Windows. Ini dapat dilihat dengan crash yang terjadi hanya ketika Anda mencoba membuka file, yang menunjukkan bahwa bagian tertentu dari drive rusak.

Untuk HDD lama, bunyi klik adalah tanda lain kegagalan drive. Karena Windows perlu mengakses file di disk penyimpanan agar berjalan normal, jika disk tidak dapat membaca file, Windows mungkin macet.

4. Komputer terlalu panas

Panas yang berlebihan dapat menyebabkan masalah besar dengan komponen sensitif di dalam komputer. Sebuah sistem yang berjalan terlalu panas untuk waktu yang lama dapat rusak secara permanen. Untuk mengatasi masalah ini, komputer Anda biasanya akan mati sendiri ketika terlalu panas, yang biasanya menyebabkan Windows crash.

Ada banyak sumber masalah overheating. Jika Anda memiliki PC, pastikan casing Anda memiliki ventilasi yang baik. Anda juga harus memeriksa untuk memastikan semua kipas di dalam berfungsi dengan baik dan radiator tidak longgar. Pastikan untuk membersihkan komputer Anda secara teratur untuk menghilangkan debu berlebih.

Jika Anda menggunakan laptop, cobalah untuk tidak meletakkannya di pangkuan Anda atau di atas permukaan seperti selimut, karena ini akan menghalangi sumber pendinginan sistem.

5. Infeksi malware

Malware (termasuk virus, Trojan horse, dan sampah lain yang tidak diinginkan) dapat menyebabkan kerusakan parah pada sistem Anda. Saat pemecahan masalah Windows 10 mogok, saatnya untuk menjalankan pemindaian anti-malware.

Memindai dengan Windows Defender bawaan adalah pilihan pertama yang baik.Untuk pendapat kedua, saya sarankan menginstal versi gratis Byte perangkat lunak jahat Dan jalankan pemindaian. Jika Anda menemukan malware, harap crash akan hilang setelah menghapus virus.

6. Registri rusak

Registri Windows Ini adalah database informasi besar di mana Windows dan program menyimpan data. Karena penambahan, penghapusan, dan perubahan kunci registri secara teratur, isinya mungkin menjadi kacau.

Beberapa kesalahan konfigurasi registri kecil, tetapi kesalahan lain dapat menyebabkan Windows crash sepenuhnya. Inilah sebabnya mengapa kami menyarankan untuk menghindari pembersih registri, karena mereka biasanya lebih berbahaya daripada baik. Jika Anda pernah membaca panduan yang merekomendasikan untuk mengubah nilai registri, harap berhati-hati untuk tidak mengubah apa pun secara internal.

Jika Anda menduga bahwa registri yang rusak adalah sumber crash Windows, sayangnya, tidak ada yang dapat Anda lakukan selain mengatur ulang Windows 10.

7. Konflik perangkat lunak

Sebagian besar kesalahan perangkat lunak tidak akan membuat crash Windows, mereka hanya akan memengaruhi aplikasi terkait. Namun, terkadang kerusakan perangkat lunak yang sangat serius dapat mengunci seluruh sistem. Jika Windows macet saat Anda membuka aplikasi tertentu, Anda harus mencoba menginstal ulang perangkat lunak untuk melihat apakah masalah dapat diatasi.

8. Masalah daya

Karena catu daya PC Anda, kemungkinan Windows mogok dapat terjadi. Biasanya, ini disebabkan oleh catu daya yang rusak. Jika catu daya komputer Anda gagal, catu daya mungkin berfluktuasi atau menjadi terlalu lemah. Hal ini tentu saja akan menyebabkan komputer Anda crash. Mengganti catu daya adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.

9. Jalankan versi Windows yang tidak didukung

Kami berasumsi bahwa Anda telah menyelesaikan masalah crash Windows 10 di atas. Namun, jika Anda menjalankan versi Windows yang lebih lama, ini mungkin penyebab lain dari Windows yang mogok. Microsoft tidak lagi secara resmi mendukung Windows 7 dan versi sebelumnya, yang berarti mereka tidak lagi menerima pembaruan keamanan dan stabilitas.

Oleh karena itu, Anda mungkin menemukan bahwa versi Windows yang lebih lama lumpuh lebih sering. Anda harus memperbarui ke Windows 10 sesegera mungkin sehingga Anda dapat menggunakan platform yang didukung.

Karena itu, untuk mendapatkan hasil terbaik pada Windows 10, Anda harus memastikan untuk menginstal pembaruan Windows, yang biasanya dapat menyelesaikan masalah stabilitas yang menyebabkan crash. Namun, terkadang menginstal pembaruan besar terbaru untuk Windows 10 segera dapat menyebabkan ketidakstabilan dengan sendirinya.

Jika Anda baru saja memperbarui Windows 10 dan mulai macet, buka Pengaturan> Pembaruan dan Keamanan> Pemulihan. Di sana, Anda dapat kembali ke versi Windows 10 sebelumnya.

Baca selengkapnya:

Kesimpulannya:

Sekarang kita telah melihat apa yang menyebabkan Windows 10 crash. Seperti yang Anda lihat, banyak dari mereka terkait dengan perangkat keras, apakah itu ketidakcocokan driver, kegagalan komponen, atau kepanasan. Biasanya sulit untuk mendiagnosis masalah ini, tetapi dengan memeriksa penyebabnya, Anda diharapkan dapat menyelesaikan masalah Anda.

Jangan lupa bookmark dan kunjungi setiap hari Jaringan Informasi Teknologi Karena Anda dapat menemukan ulasan panduan pengoperasian game Android Tech Computer terbaru di sini, kami akan memperbaruinya setiap hari.