5 Cara Memperbaiki Struktur Disk yang Rusak dan Tidak Dapat Dibaca di Tahun 2022

5 Cara Memperbaiki Struktur Disk yang Rusak dan Tidak Dapat Dibaca di Tahun 2022 – Jika Anda menemukan pesan kesalahan “Struktur disk rusak dan tidak dapat dibaca” saat mencoba mengakses partisi drive, Anda dapat memperbaikinya menggunakan 5 solusi dalam artikel ini.

5 Cara Memperbaiki Struktur Disk yang Rusak dan Tidak Dapat Dibaca
5 Cara Memperbaiki Struktur Disk yang Rusak dan Tidak Dapat Dibaca

Apa itu struktur disk yang rusak dan tidak dapat membaca kesalahan?

Ketika pengguna Windows mencoba mengakses partisi dari hard drive yang rusak secara struktural, disk rusak secara struktural dan sering kali terjadi kesalahan yang tidak dapat dibaca. Ketika partisi hard disk memiliki struktur disk yang tidak dapat dibaca, partisi tersebut menjadi tidak dapat diakses.

Baca selengkapnya:

Kesalahan ini dapat terjadi pada HDD internal dan eksternal, tetapi lebih sering terjadi pada media yang dapat dipindahkan, yaitu USB flash drive, kartu SD, dll. Pesan kesalahan yang benar ditampilkan di wizard “Location Unavailable” sebagai “Struktur disk rusak dan tidak dapat dibaca”. Artinya harddisk tidak bisa diakses karena Master File Table (MFT) rusak dan struktur disk tidak bisa dibaca.

Apa yang menyebabkan struktur disk rusak dan tidak dapat dibaca?

Mengapa hard drive, USB, atau kartu SD saya tiba-tiba tidak dapat diakses? Biasanya, kesalahan “Struktur disk rusak dan tidak dapat dibaca” disebabkan oleh:

  1. Tabel File Master Rusak (MFT) untuk drive NTFS
  2. Drive disk USB yang dikeluarkan atau dicabut secara tidak benar
  3. Sistem file rusak, yang membuat sistem file RAW
  4. Bad sector pada hard drive
  5. kekuatan tidak stabil
  6. Infeksi virus

Bagaimana mengatasi struktur disk yang rusak dan tidak terbaca

Jangan khawatir jika Anda tidak tahu bagaimana USB, kartu SD, hard drive eksternal atau internal Anda menjadi tidak terbaca. Karena ada beberapa solusi untuk mengatasi pesan error “The disk structure is corrupt and unreadable” agar drive yang bermasalah kembali normal kembali.

1. Cabut dan pasang kembali hard drive eksternal atau drive USB

Jika Anda menggunakan perangkat penyimpanan yang dapat dilepas seperti drive USB dan menerima pesan kesalahan “Struktur disk rusak dan tidak dapat dibaca”, cabut perangkat penyimpanan. Kemudian, tutup semua perangkat lunak di bilah tugas dan instal ulang penyimpanan eksternal. Atau, mulai ulang Windows sebelum menyambungkan kembali HDD eksternal. Kemudian coba buka file yang sama seperti sebelumnya ketika Anda mendapatkan kesalahan “Struktur disk rusak dan tidak dapat dibaca”.

2. Gunakan Alat Pemeriksaan Kesalahan Windows

Sistem Windows memiliki utilitas bawaan untuk memeriksa dan memperbaiki masalah terkait disk. Salah satu utilitas tersebut adalah Windows Error Checking Tool. Anda dapat menggunakan alat ini untuk memperbaiki masalah drive, yang dapat membantu dengan pesan kesalahan “struktur disk rusak dan tidak dapat dibaca”. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Gunakan Alat Pemeriksaan Kesalahan Windows
Gunakan Alat Pemeriksaan Kesalahan Windows

  1. Hubungkan media penyimpanan (jika eksternal) ke sistem Windows Anda.
  2. Pergilah komputer ini didalam sistem.
  3. Klik kanan pada drive yang menunjukkan kesalahan dan pilih ciri.
  4. memilih alat lalu klik Memeriksa tombol, lalu klik. Ini akan mulai memeriksa drive dan dapat memperbaiki masalah (jika ada).
  5. Setelah proses pemeriksaan disk selesai, restart sistem komputer dan periksa apakah pesan kesalahan hilang.

3. Jalankan CHKDSK

CHKDSK adalah utilitas bawaan dari sistem operasi Windows yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dan memperbaiki hard drive yang terhubung ke komputer Anda. Seseorang dapat menjalankannya di partisi HDD yang menyebabkan masalah dan membuat pesan kesalahan bahwa setiap kali Anda mencoba mengaksesnya, struktur disk rusak dan tidak dapat dibaca. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

jalankan CHKDSK
jalankan CHKDSK

  1. berdasarkan Tombol Windows + Xkunci dan pilih Prompt Perintah (Admin).
  2. masukan perintah” chkdsk C: /f /r /x ” lalu di cmd tekan Memasuki kunci.
  3. Sekarang, Hidupkan Kembali komputer Anda Untuk menyimpan perubahan Anda, periksa untuk melihat apakah masalah telah teratasi.
  4. Dalam kebanyakan kasus, menjalankan perintah Periksa, Disk akan memperbaiki kesalahan, namun, jika pesan kesalahan yang sama berlanjut, lanjutkan ke metode berikutnya.

catatan: C adalah huruf drive dari hard drive terkait yang menunjukkan kesalahan, pastikan huruf drive Anda benar.

4. Copot dan instal ulang drive disk

Catatan penting: Sangat disarankan untuk tidak mencoba solusi ini pada disk sistem Anda yaitu drive C: (di mana Windows diinstal), ini akan menampilkan pesan kesalahan Struktur disk rusak dan tidak dapat dibaca. Jika kesalahan ini terjadi pada drive C: Anda, lewati solusi ini.

Lepas dan instal ulang drive disk
Lepas dan instal ulang drive disk

  1. berdasarkan Tombol Windows + R “dan ketik” devmgmt.msc . berdasarkan oke tombol.
  2. mengembangkan Disk drive bagian dan klik kanan pada disk yang rusak dan tekan Copot pemasangan perangkat.
  3. lalu klik Tindakan >> Pindai Perubahan Perangkat Keras Konfirmasikan tindakan yang diambil.
  4. Tunggu Windows untuk mendeteksi dan menginstal driver dari drive disk yang dihapus
  5. Setelah selesai, restart komputer Anda dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi

5. Perbaiki HDD dengan M3 RAW

Ada banyak program pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki struktur disk yang rusak dan tidak dapat dibaca. M3 RAW adalah alat untuk memeriksa dan memperbaiki sistem file. Meskipun ini bukan perangkat lunak gratis, Anda masih dapat menggunakan versi uji coba.Anda dapat mengunduhnya di sini.

  1. Buka M3 RAW dan pilih drive yang akan diperbaiki.
  2. klik Lanjut tombol untuk memindai drive disk.
  3. Perangkat lunak akan menampilkan daftar file pada disk drive.berdasarkan perbaikan drive tombol untuk memperbaiki disk drive.

6. Format drive disk eksternal

Ini adalah perbaikan yang lebih spesifik untuk drive eksternal yang tidak menyertakan Windows, seperti USB flash drive. Memformat drive akan menghapus semua isinya dan membuat sistem file baru untuk menggantikan yang rusak. Ini adalah solusi yang bagus jika file pada drive penyimpanan tidak begitu penting.

Namun, jika Anda perlu menyimpan beberapa file di drive, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti EaseUS Data Recovery Wizard, yang dapat membantu Anda memulihkan data dari drive yang tidak dapat diakses, termasuk drive RAW. Kemudian format drive sebagai berikut:

memformat drive disk eksternal
memformat drive disk eksternal

  1. Colokkan perangkat penyimpanan eksternal ke desktop atau laptop Anda.
  2. Buka File Explorer dan klik komputer ini Buka daftar perangkat dan drive.
  3. Kemudian, klik kanan pada drive yang terdaftar di sana dan pilih Format Buka jendela di bawah.
  4. Pilih format sistem file dari menu tarik-turun Sistem file.
  5. memilih format cepat pilihan (jika belum dipilih), lalu tekan Awal tombol untuk memformat drive.

Baca selengkapnya:

Kesimpulannya:

Jadi, ini adalah beberapa cara untuk memperbaiki struktur disk yang rusak dan tidak dapat dibaca menggunakan alat Windows dan perangkat lunak pihak ketiga. Meskipun ada banyak alasan potensial terjadinya kesalahan, banyak pengguna menemukan bahwa akar masalahnya adalah kesalahan sistem file, yang dapat diperbaiki secara sempurna dengan memformat perangkat.

Jangan lupa bookmark dan kunjungi setiap hari Technowizah.com Karena Anda dapat menemukan game Android Tek Komputer terbaru di sini Cara Panduan Tip & Trik Tinjauan Perangkat Lunak dan banyak lagi, kami memperbaruinya setiap hari.