5 Cara Memperbaiki DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL di Windows 2022

5 Cara Memperbaiki DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL di Windows 2022 Windows 10 memiliki banyak sekali pesan kesalahan, dan kesalahan DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL adalah salah satunya. Jika Anda menemukan kode stop ini, Anda tidak perlu khawatir karena kali ini kita akan membahas cara memperbaiki error DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL ini.

5 Cara Memperbaiki DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL di Windows
5 Cara Memperbaiki DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL di Windows

Apa itu kesalahan DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL?

Kesalahan DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL ini terkait dengan driver sistem Anda dengan kode berhenti 0x000000D1Kesalahan menyatakan “Pengandar mode kernel mencoba mengakses memori yang dapat di-page saat proses IRQL terlalu tinggi.”

Baca selengkapnya:

Kesalahan ini berasal dari masalah komunikasi antara perangkat keras Anda dan prosesor. Ketika perangkat keras Anda ingin memberi tahu CPU bahwa sesuatu akan terjadi, itu membuat interupsi. Jika terlalu banyak bit perangkat keras mencoba berkomunikasi pada saat yang sama, atau lebih tepatnya, ada sesuatu yang salah dikonfigurasi, tingkat permintaan interupsi (IRQL) naik.

Dalam hal ini, perangkat keras mencoba mengakses sebagian memori sistem yang tidak dapat diakses karena CPU melakukan hal lain. Driver membantu komunikasi perangkat keras, memungkinkan GPU Anda berkomunikasi dengan CPU, dan banyak lagi.

Jika seorang driver mencoba mengakses alamat memori yang tidak memiliki hak akses yang tepat, itu dapat membuat sistem Anda crash.Salah satu driver paling umum yang terlibat dalam kesalahan 0x000000D1 adalah driver jaringan Anda, khususnya ndis.sys File Sistem.

Cara memperbaiki DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Karena kesalahan DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL terkait dengan driver sistem Anda, ada beberapa perbaikan mudah yang tersedia.

1. Periksa pembaruan

Periksa pembaruan
Periksa pembaruan

Jelas, Anda harus selalu memeriksa pembaruan atau pembaruan. Bug yang terkait dengan driver Anda yang salah dapat diperbaiki di pembaruan mendatang, dan menginstal pembaruan dapat memperbaiki masalah.

berdasarkan jendela kunci + aku Buka panel Pengaturan.pergi sekarang Pembaruan dan Keamananlalu centang pembaruan Windows peningkatan yang tertunda.Jika ada pembaruan, simpan semua file penting dan tekan nyalakan ulangSistem Anda akan reboot selama proses ini.

2. Perbarui driver sistem

Windows 10 menangani pembaruan driver Anda, tetapi itu tidak berarti driver akan diperbarui ke versi yang sesuai. Itu juga tidak mencegah korupsi driver, yang bisa menjadi buggy atau rusak seiring waktu. Kesalahan driver lebih jarang terjadi pada Windows 10 daripada pada versi Windows yang lebih lama, tetapi masih terjadi.

Perbarui driver sistem
Perbarui driver sistem

Jika Anda ingin melihat pembaruan driver terbaru, tekan jendela kunci + aku Buka panel pengaturan dan pilih Pembaruan & Keamanan > Lihat Riwayat PembaruanAnda dapat menemukan driver yang perlu diperbarui di sini.

Perbarui driver sistem
Perbarui driver sistem

Jika halaman riwayat pembaruan driver tidak menunjukkan apa-apa, saatnya untuk memeriksa Pengelola Perangkat.Jenis dari pengaturan perangkat Di bilah pencarian menu mulai, pilih yang paling sesuai. Periksa daftar untuk indikator kesalahan kuning. Jika tidak, pengemudi tidak mungkin menjadi sumber masalahnya.

Namun, DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL biasanya dikaitkan dengan ndis.sys File sistem, Anda perlu memperbarui adaptor jaringan secara manual di sini.

pergi ke penyesuai jaringan bagian, klik kanan driver untuk adaptor Wi-Fi atau adaptor Ethernet (atau keduanya) dan pilih Perbarui driver.Sekarang, pilih Secara otomatis mencari perangkat lunak driver yang diperbarui, Windows akan mengotomatiskan proses pembaruan untuk Anda.

3. Copot dan instal ulang driver jaringan

Jika memperbarui Windows 10 dan memperbarui driver masih tidak berfungsi, Anda dapat mencoba menginstal driver yang bersih. Ini berarti Anda harus menghapus driver dari sistem Anda dan kemudian menginstal versi terbaru tanpa bantuan Windows.

Karena ini terkait dengan kartu jaringan, Anda harus mengunduh driver yang benar terlebih dahulu, karena setelah Anda menghapus driver kartu jaringan, koneksi internet Anda mungkin berhenti bekerja.

Kembali ke pengelola perangkat dan buka penyesuai jaringan bagian. Sekarang, salin dan tempel nama driver ke mesin pencari internet. Misalnya, administrator akan mencari “Intel(R) Ethernet Connection” untuk menemukan driver terbaru untuk adaptor Ethernet.

Jelajahi dan unduh versi terbaru adaptor jaringan untuk perangkat keras Anda.Sebagian besar driver datang dengan file instal otomatis yang disebut Pemasang Anda dapat menemukannya di suatu tempat di file driver yang diunduh.

Copot dan instal ulang driver jaringan
Copot dan instal ulang driver jaringan

Setelah mengunduh driver adaptor jaringan yang benar, Anda dapat melanjutkan untuk menghapus penginstalan driver adaptor jaringan yang ada.Di Pengelola Perangkat, klik kanan driver adaptor jaringan yang ada dan pilih hapus instalan.

Setelah menghapus penginstalan driver, temukan driver adaptor jaringan baru dan jalankan penginstal. Setelah instalasi selesai, restart komputer Anda.

4. Jalankan SFC dan CHKDSK

Windows 10 menyertakan beberapa alat sistem terintegrasi yang dapat memperbaiki sistem file yang rusak. Jika memperbarui dan mengganti driver tidak berhasil, mungkin ada kerusakan file di tempat lain pada sistem. Kesalahan DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL mungkin terkait dengan file halaman Anda, yang merupakan jenis memori sistem virtual. Menjalankan SFC dan CHKDSK memperbaiki semua kerusakan yang terkait dengan file halaman.

Pemeriksa File Sistem Windows (SFC) memperbaiki masalah yang terkait dengan file sistem Windows, secara otomatis memindai dan memperbaiki kesalahan.

Sebelum menjalankan perintah SFC, penting untuk memeriksa apakah sistem berfungsi dengan baik.Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan Deployment Image Servicing and Management, atau DISME alat.

Seperti SFC, DISM adalah utilitas Windows terintegrasi dengan beberapa fungsi. Dalam hal ini, perintah DISM Restorehealth memastikan bahwa perbaikan Anda berikutnya akan berfungsi dengan baik. Lakukan langkah-langkah berikut.

Menjalankan SFC dan CHKDSK
Menjalankan SFC dan CHKDSK

  1. Jenis dari Prompt Perintah (Admin) di bilah pencarian menu mulai, lalu klik kanan dan pilih Jalankan sebagai administrator Buka prompt perintah dengan hak administrator.
  2. Ketik perintah berikut dan tekan Enter: DISM/online/cleanup-image/restorehealth
  3. Tunggu sampai perintah selesai. Proses ini dapat memakan waktu hingga 20 menit, tergantung pada kesehatan sistem. Prosesnya terkadang terlihat macet, tetapi harap tunggu hingga selesai.

Menjalankan SFC dan CHKDSK
Menjalankan SFC dan CHKDSK

Setelah proses selesai, ketik SFC/pemindaian dan tekan Enter.

CHKDSK adalah alat sistem Windows lain yang memeriksa struktur file. Tidak seperti SFC, di mana CHKDSK memindai seluruh drive Anda untuk mencari kesalahan, SFC secara khusus memindai file sistem Windows Anda. Seperti halnya SFC, jalankan pemindaian CHKDSK dari prompt perintah untuk memperbaiki komputer Anda.

Menjalankan SFC dan CHKDSK
Menjalankan SFC dan CHKDSK

  1. Jenis dari prompt perintah di bilah pencarian menu mulai, lalu klik kanan pada yang paling sesuai dan pilih Jalankan sebagai administrator(Atau, tekan jendela kunci +Xlalu pilih Prompt Perintah (Admin) dari menu. )
  2. Selanjutnya, masukkan chkdsk /r dan tekan Enter. Perintah ini akan memindai sistem Anda untuk kesalahan dan memperbaiki masalah apa pun dalam prosesnya.

5. Periksa virus/malware

Kita semua memiliki keinginan yang kuat untuk mengunduh atau menggunakan file dan perangkat lunak secara gratis dari sumber yang tidak diverifikasi. Seringkali, aktivitas tersebut dapat berakibat fatal, seperti malware atau infeksi virus di dalam PC.

File-file ini juga dapat menyebabkan kerusakan driver jaringan. Jika ini masalahnya, disarankan untuk segera menghapus perangkat lunak atau file dari komputer dan melakukan pemindaian virus penuh pada sistem dengan perangkat lunak antivirus atau Windows Defender yang andal.

Baca selengkapnya:

Kesimpulannya:

Jadi ini adalah beberapa cara untuk memperbaiki kesalahan DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL. Administrator berharap bahwa salah satu perbaikan ini menyelesaikan masalah Anda. Meskipun kesalahan DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL membuat frustrasi, menghapusnya dari sistem bukanlah masalah yang sangat sulit. Ikuti langkah-langkah ini satu per satu dan sistem Anda akan kembali aktif dan berjalan dalam waktu singkat.

Yang penting untuk diingat adalah mengunduh driver adaptor jaringan baru sebelum menghapus yang lama. Jika Anda melakukannya dengan cara yang salah, seperti mencopot driver terlebih dahulu, Anda akan kesulitan mengunduh driver adaptor jaringan baru, terutama jika Anda tidak memiliki perangkat lain yang tersedia.

Jangan lupa bookmark dan kunjungi setiap hari Technowizah.com Karena Anda dapat menemukan game Android Tek Komputer terbaru di sini Cara Panduan Tip & Trik Tinjauan Perangkat Lunak dan banyak lagi, kami memperbaruinya setiap hari.