12 alasan mengapa WiFi lambat dan cara memperbaikinya 2022

12 alasan mengapa WiFi lambat dan cara memperbaikinya 2022 – Jika WiFi Anda terasa lambat atau lambat, mungkin ada beberapa alasan.

12 alasan mengapa WiFi lambat dan cara memperbaikinya
12 alasan mengapa WiFi lambat dan cara memperbaikinya

12 alasan mengapa WiFi lambat dan cara memperbaikinya 2022

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki WiFi yang lambat. Jadi, mari kita lihat alasan kecepatan WiFi yang lambat.

Baca selengkapnya:

1. Penempatan router: tinggi VS rendah

Penempatan router memainkan peran penting dalam jaringan WiFi rumah Anda. Bahkan jika lokasinya sedikit berubah, itu akan memperlambat kecepatan WiFi Anda. Faktanya, menemukan lokasi yang tepat adalah salah satu dari banyak cara untuk meningkatkan kecepatan router.

Ternyata tidak ada perbedaan ketinggian router. Memasang router di tanah atau di belakang objek lain biasanya menghasilkan kinerja yang lebih buruk. Sebaliknya, tempatkan router setinggi mungkin untuk memperluas jangkauan siaran radio. Ini juga membantu menghilangkan gangguan dari router.

2. Bahan bangunan memblokir sinyal WiFi

Material seperti beton dan logam biasanya menjadi kendala terbesar sinyal WiFi. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin menghindari menempatkan router di ruang bawah tanah, karena area ini biasanya ditutupi dengan banyak beton. Bahan lain juga akan mempengaruhi kinerja jaringan nirkabel. Pastikan benda besar lainnya tidak menghalangi router Anda.

3. Jarak ke router

Semakin jauh perangkat Anda dari router, semakin lemah sinyal WiFi. Oleh karena itu, opsi terbaik adalah menempatkan router Anda sedekat mungkin dengan perangkat Anda.

Jika router siaran Anda terlihat lemah, atau rumah Anda besar, maka Anda mungkin perlu meningkatkan jangkauan pita WiFi. Extender atau repeater WiFi adalah perangkat tambahan yang terhubung ke router utama dan mencakup area yang lebih luas.

4. Pengguna rumahan lainnya

Pernahkah Anda membiarkan unduhan besar berjalan di PC Anda? Ini mungkin alasan mengapa WiFi Anda lambat. Mengunduh file besar dapat sangat merusak kinerja WiFi Anda. Oleh karena itu, jika Anda menjalankan tugas yang tidak penting, cobalah untuk menjedanya.

Namun, kemungkinan besar seseorang di jaringan Anda (seperti teman, teman sekamar, atau anggota keluarga) berpartisipasi dalam aktivitas yang membutuhkan banyak bandwidth, seperti bermain game atau streaming video.

5. Terlalu banyak perangkat yang terhubung ke WiFi

Anda perlu menghitung berapa banyak perangkat yang terhubung ke WiFi Anda. Karena semakin banyak perangkat yang terhubung, semakin lambat kecepatan internet Anda.

Banyak perangkat akan mengunduh dan mengunggah secara otomatis, yang menghabiskan bandwidth. Karena itu, jika Anda memiliki banyak perangkat yang terhubung ke WiFi, pastikan untuk membeli paket Internet yang cukup.

6. Interferensi digital

Ada banyak alasan untuk gangguan digital. Ada sinyal nirkabel dari WiFi, perangkat elektronik, menara ponsel, satelit, dan sumber lainnya. Meskipun WiFi biasanya menggunakan sinyal yang berbeda dari perangkat lain tersebut, derau radio tetap dapat menyebabkan gangguan.

Beberapa router lama hanya menggunakan pita tunggal pada frekuensi 2,4 GHz. Namun, perangkat Bluetooth, oven microwave, dan telepon nirkabel juga menggunakan rentang frekuensi 2,4 GHz yang sama. Tumpang tindih ini dapat menyebabkan gangguan WiFi. Jika memungkinkan, coba sambungkan ke pita 5 GHz karena kurang ramai, atau coba saluran lain.

7. Kebisingan dari tetangga

Hampir setiap rumah tangga memiliki jaringan WiFi sendiri, yang menciptakan saluran yang tumpang tindih. Untuk router yang hanya dapat menyiarkan pada 2.4GHz, atau jika perangkat Anda hanya dapat menerima sinyal nirkabel 2.4GHz, saluran yang tumpang tindih menjadi masalah. Ini karena hanya ada 14 saluran yang harus ditransmisikan. Jika dua router disiarkan pada saluran yang sama dengan frekuensi yang sama, mereka akan saling mengganggu.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus memilih saluran yang benar di pengaturan router. Router modern dapat secara otomatis memilih saluran untuk Anda, tetapi terkadang lebih baik mencari jaringan Anda dan menemukan saluran WiFi terbaik.

8. Routernya sudah tua

Router yang lebih tua dari 5 tahun mungkin tidak memenuhi standar terbaru (802.11ac / WiFi 5) atau memberikan dukungan dual-band untuk 2,4 GHz dan 5 GHz secara bersamaan.

Apalagi jika menyangkut unit router/modem yang disediakan oleh ISP, mungkin sudah saatnya untuk melakukan upgrade ke yang terbaru dan terhebat. Mari kita analogikan, memiliki smartphone terbaru yang dilayani oleh router lama seperti memiliki mobil balap yang bagus dengan ban termurah yang biasa Anda temukan.

9. Waktu henti ISP / kemacetan jaringan

Terkadang, ISP mengalami downtime dan koneksi yang buruk. Tidak ada yang sempurna. Setiap ISP pasti pernah mengalaminya. Namun, pemrosesan jam sibuk Internet sama dengan lalu lintas pada Senin pagi.

Terutama setelah orang-orang tidak bekerja atau malas di akhir pekan, ketika semua orang di sekitar menggunakan Internet secara bersamaan, kemacetan akan terjadi dan pada akhirnya menyebabkan lalu lintas jaringan yang padat.

10. Batas kuota ISP

Apakah Anda tahu berapa banyak data yang Anda gunakan setiap bulan? Pengguna rumahan biasanya menghabiskan lebih dari 200 GB per bulan. Semua video, game online, dan waktu yang dihabiskan untuk browsing di Internet akan menyebabkan penggunaan data yang tinggi. Akibatnya, banyak ISP yang mengurangi kecepatan Internet pelanggan mereka karena telah melampaui batas penggunaan yang wajar. Misalnya, Indihome menerapkan sistem FUP (Fair Use Policy) atau pembatasan penggunaan wajar kepada setiap pelanggannya.

11. Seseorang mencuri WiFi Anda

Pertama, mari kita berharap bahwa WiFi Anda dilindungi kata sandi. Kedua, pastikan kata sandi Anda kuat dan beragam. Dan jangan gunakan password yang lemah seperti “123456” atau “password” atau “qwerty”. Karena jika orang lain terhubung ke WiFi Anda tanpa persetujuan Anda, mereka akan mencuri bandwidth Anda.

12. DNS ISP buruk

Ketika seseorang memasukkan alamat situs web di browser, komputer secara otomatis menggunakan DNS untuk mengubah alamat tersebut menjadi alamat IP yang dapat dipahami.

Dalam beberapa kasus, ada masalah dengan server DNS yang digunakan oleh komputer. Router Anda biasanya menggunakan server DNS ISP, tetapi ini tidak menjamin kecepatannya. DNS yang lebih baik dapat membantu mempercepat waktu pemuatan.

Cara memperbaiki WiFi yang lambat

Menentukan penyebab WiFi lambat bisa menjadi tantangan. Dari aspek teknis hingga non-teknis, ini mungkin penyebab router Anda lambat. Oleh karena itu, untuk memperbaikinya, mulailah dengan hal-hal sederhana, seperti restart perangkat router WiFi Anda. Jika Anda masih mengalami kecepatan Internet yang lambat, hubungi ISP Anda untuk mendapatkan jawaban.

Jangan lupa bookmark dan kunjungi setiap hari Jaringan Informasi Teknologi Karena Anda dapat menemukan ulasan panduan pengoperasian game Android Tech Computer terbaru di sini, kami akan memperbaruinya setiap hari.